Sabtu, 20 Februari 2010

Resep 9. Jika Perlu Mengasingkan diri (Resep Cespleng Pertamakali Menulis Buku Bestseller)

Secara tidak sengaja, saya menginap di Hotel Tirtonadi Solo, sebelah timur terminal Tirtonadi. Dalam rangka persiapan wisuda besok pagi tanggal 5 Maret 2009. tanggal 3 Maret 2009 saya ada acara gladi bersih wisuda di kampus UNS. Sehingga malamnya terpaksa menginap di hotel ini sampai tanggal 5. Keluarga saya baru datang tanggal 4 sore atau siang hari. Selama di hotel enak sekali menulis, tidak ada yang mengganggu, makan, tidur, menulis dan membaca 4 buah buku yang saya baca. Ini memunculkan inspirasi kepada saudara untuk sekali-kali menyendiri mengasingkan diri dengan menginap sehari atau 2 hari di kamar hotel untuk menulis dan menulis. Dalam waktu 1 hari 1 malam saja saya berhasil menulis buku tulis saya, yaitu sekitar 35 lembar. Di kamar hotel sendirian, tidak ada yang mengajak omong dan tak ada yang mengganggu, enak sekali untuk menggoreskan kata-kata dalam ide-ide dan gagasan-gagasan saya kita. Padahal saya juga menyelingi dengan kegiatan membaca. Sebaiknya anda melakukannya, dan jangan lupa bawa beberapa buku untuk selingan di saat mengalami kemacetan dalam menulis. Membaca juga melatih kita untuk dapat meggoreskan kata demi kata dalam lembaran putih kertas kita. Selamat mencoba. O ya hampir lupa, baca kamera digital, jika saat anda keluar, misalnya menemukan moment-moment bagus, untuk diabadikan dan siapa tahu dapat masuk menjadi lembar demi lembar pada halaman yang akan dibuat buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar