Minggu, 14 Februari 2010

Resep 2. Buatlah Midset Buku (Resep Cespleng Pertamakali Menulis Buku Bestseller)

Banyak penulis pemula atau orang yang berkeinginan memulai menulis buku, tidak tahu lagkah awal apa yang harus dikerjakan, tak terkecuali saya dan saudara. Penyebabnya antara lain adalah saya tidak pernah belajar khusus atau kursus menjadi seorang penulis, saya belum pernah mempunyai 1 buah bukupun tentang petunjuk petunjuk menulis buku, mungkin alasan ini sama dengan yang saudara alami. Akibatnya, kebutaan menulis buku tak dapat dihindari, tulisan kita tanpa rah alias semrawut, tulisan kita tidak ada rel yang menuntunnya, tulisan kita kurang bernas/ bermakna, tulisan kita tidak jelas siapa target pembacanya, tulisan kita tidak jelas konsepnya, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana sebaiknya?
Tanggal 27 Februari 2009, saya belajar dari seorang penulis buku, yaitu Bapak Johan Wahyudi. Beliau sudah menerbitkan 12 naskah bukunya dan beberapa bukunya termasuk bestseller. Yang menarik dari karya beliau adalah ”Kaya dengan Menulis”, karena pada edisi cetakan pertama beliau sudah mengantongi uang sekitar Rp. 175, 000.000,-. Inilah yang memacu andrenalin saya untuk termotifasi menjadi seorang penulis buku bestseller seperti mentor saya tersebut.
Dari beliau mendapatkan arahan, bahwa sebelum menulis buku hendaknya seorang penulis telah mengerjakan midset buku terlebih dahulu. Midset buku adalah gambaran sebuah buku yang berisi identifikasi, rancangan buku dan prospek buku.
Dua buah midset buku yang pertama kali saya lihat dalam hidup saya, telah diberikan oleh bapak Johan kepada saya. Bagaikan mendapat durian runtuh, girang sekali perasaan saya waktu itu. Inilah saat saat yang saya tunggu tunggu. Sebuah tongkat penunjuk jalan bagi orang buta yang akan mengawali menulis sebuah buku. Ucapan terimakasih yang tak terkira dari saya kepada beliau, yang tak sanggup saya membalas kebaikan dan jasanya, karena saking berharganya apa yang telah beliau berikan kepada saya. Mungkin, jika dibandingkan dengan emas batangan seberat 1 kg, bagi saya masih bernilai ke 2 buah midset buku tersebut, Luar Biasa!. Jika saudara mempunyai talenta dan hasrat yang besar ingin menulis buku, maka saudara akan saya perlihatkan salah satu dari ke 2 buah midset buku yang pertamakali saya terima tersebut.
Dua buah midset buku yang pertama kali saya lihat itu adalah sebagai berikut:
MIND SET BUKU 1
“KAYA DENGAN MENULIS”

I D E N T I F I K A S I
JUDUL BUKU “KAYA DENGAN MENULIS”

Judul Bab:
• Penulis Menjadi Kaya, Mungkinkah?
• ………………..dst 30 bab

PENULIS :Johan Wahyudi
JENIS BUKU :Literatur, writerpreneur, pengayaan, motivasi
KETRAMPILAN :UMUM
UKURAN :18 cm x 26 cm
PREDIKSI HAL. :160 halaman

RANCANGAN BUKU
KONSEP dan TUJUAN:
• Mengenalkan profesi menulis sebagai alternative masa depan

• Memberi teori dan contoh-contoh konkret bahwa penulis dapat menjadi sukses
• Memberi pencerahan masa depan dengan jiwa optimis.

DESAIN :Sederhana namun sarat makna (implicit/eksplisit)
KELEBIHAN
Orang memilih buku ini setidaknya karena 4 alasan sebagai berikut:
1. Buku ini ditulis dengan bahasa KOMUNIKATIF.
2. Buku ini dilengkapi contoh cara menjadi penulis, cara memulai, cara menembus
penerbitan, cara menjadi pengusaha di dunia kepenulisan, cara mencari
inspirasi, dan contoh-contoh tokoh yang sukses dengan menjadi penulis.
3. Buku ini sangat dibutuhkan semua kalangan, khususnya generasi muda/
mahasiswa.
4. Buku ini pasti dijadikan buku rujukan, acuan, dan pegangan mereka yang ingin
menjadi penulis.

TARGET PEMBACA :Semua orang dengan latar belakang profesi apapun

MEMAHAMI PESAING
BUKU PESAING
1. ………………
2. …………….

PARAMETER ANGKA
Harga :Rp 25.000,00
Tebal Halaman :200 halaman

KESAN :
Enak dibaca, dinamis, luar biasa mengandung strategi menjadi penulis yang kreatif, ulet, dan penuh inspirasi, mudah diterapkan, sangat bermanfaat, mudah dipahami dan mudah dipraktikkan, cepat membuahkan hasil perubahan transformasi diri secara revolusioner, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar