Sabtu, 20 Februari 2010

Resep 14. Temukan Topik-topik Bestseller (Resep Cespleng Pertamakali Menuis Buku Bestseller)

Untuk mencari topik-topik menarik, saya pun pertama kali merasa kebingungan. Untuk mensiasati itu saya baca baik-baik 7 buah buku panduan menulis buku di bagian “mencari topik menarik.” Setelah itu saya baru dapat gambaran bagaimana mencarinya?
Plesetkan saja judul buku yang telah bestseller di pasaran. Judul buku pertama saya memlesetkan bukunya Edy Zaqeur, beliau punya judul buku Resep Cespleng Menulis Buku Bestseller. Saya tinggal tambahi aja kata pertama kali pada kata ketiganya, menjadi “Resep Cespleng Pertama Kali Menulis Buku Bestseller. Buku ini saya anggap menarik, karena masih banyak orang yang tak bisa menulis buku dan berkeinginan mengawalinya untuk tulisan yang pertama kali. Judul ini, saya yakin 100% bakal jadi buku bestseller, terima kasih mas Edy Zaqeur.
Profesi apakah saudara? Guru, konsultan, bankir, PNS di masing-masing departemen, militer, polisi, karyawan swata, dll. Tulislah buku yang sesuai bidang yang anda geluti setiap hari. Sebagai contoh, saya seorang konsultan pemberdayaan masyarakat di pedesaan, yang tugasnya memfasilitasi turunnya program pemerintah yaitu PNPM-MD di setiap kecamatan di Indonesia. Masing-masing kecamatan di Indonesia. Masing-masing kecamatan mendapatkan dana 2-3 milyard yang boleh digunakan untuk kegiatan: pembangunan infrastruktur pedesaan, simpan pinjam maupun pelatihan ketrampilan. Saya lalu tertarik untuk membuat 3 judul buku yang ada kaitannya dengan profesi saya, yaitu: (1) Jurus Maut Menyusun Proposal Bantuan Proyek, (2) Bosan Menjadi Orang Miskin dan (3) Konsulat Pelatihan Ketrampilan dalam PNPM-MD.
Ayo saudara tunggu apa lagi segera ikuti saya! Laksanakan!
IDE MUNCUL SAAT MEMBACA JUDUL MATA KULIAH

Kemarin, tanggal 5 Maret 2009 saya telah diwisuda di UNS Program Magister, saya lulus dengan IP: 3, 15 predikat yang memuaskan. Setelah saya lihat mata kuliah dalam transkip saya menemukan ide untuk membuat buku berjudul Penyuluhan Pembangungan Perdesaan dengan sub judul materi-materi yang ada di perkuliahan saya, tinggal ditambahi kata-kata perdesaan, Program studi Penyuluhan Pembangunan sebagai judul buku saya yaitu penyuluhan pembangunan perdesaan, mata kuliah penyuluhan komunikasi saya buat sub judul menjadi penyuluhan perdesaan ; Struktur organisasi menjadi struktur organisasi sosial perdesaan, pelayanan publik menjadi pelayanan publik masyarakat perdesaan, manajemen Strategik menjadi manajemen strategis, kelompok organisasi dan kepemimpinan menjadi kelompok organisasi perdesaan, evaluasi pengembangan masyarakat menjadi evaluasi pengembangan masyarakat perdesaan, manajemen pelatihan menjadi manajemen pelatihan SDM perdesaan, dan saya tambahi beberapa judul lagi antara lain mengidentifikasi karakter masyarakat desa, dan lain-lain.

Buku ini saya akan tujukan kepada para masyarakat pemula, karena saya melihat banyak Konsultan PNPM-MD yang rekruitmen baru adalah para Sarjana-Sarjana baru yang belum berpengalaman. Dan buku ini akan sangat membantunya, mudah-mudahan bisa menjadi buku best seller.

Perasaan takut disebut plagiat emang ada, dimarahi pihak Universitas juga mungkin, tapi keinginan pena untuk terus bergerak-gerak menuliskan gagasan di kepala saya disecarik kertas takkan saya bendung, saya biarkan mengalir terus, nanti ada editor, bahkan mungkin dosen-dosen saya yang akan saya jadikan editornya. Toh nanti tulisan saya tidak terlalu akademik, tapi akan saya gunakan gaya bahasa enak-enak dan ringan-ringan saja, supaya pembaca merasa nyaman dan menikmati.

• Pengalaman Memulai Menulis Buku (mindset)
- Apapun dan di manapun menulis dan menulis.
- Menyiasati alasan tidak punya waktu menulis
- Menetapkan prioritas buku yang akan dikerjakan
- Perbanyak foto dokumentasi
- Inspirasi sehabis bangun tidur
- Judul alternatif
- Memborong 6 buku novel fiksi sejarah
- Mengasingkan diri di Hotel
-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar